Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kajian BMKG-UGM menemukan indikasi bahwa faktor suhu dan kelembapan udara dapat menjadi faktor pendukung dalam mengurangi risiko penyebaran wabah Covid-19. Mengapa bisa demikian?

Berdasarkan penelitian Sajadi et. Al. (2020) serta Araujo dan Naimi (2020), penyebaran Covid-19 pada gelombang pertama di negara atau wilayah dengan lintang tinggi cenderung mempunyai kerentanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara tropis.

Sebab, kondisi udara yang ideal untuk penyebaran virus Covid-19 berada pada temperatur 8-10 °celsius dan kelembapan 60-90%. Itu artinya dalam lingkungan terbuka yang memiliki suhu dan kelembapan tinggi, kondisi itu jelas kurang ideal untuk penyebaran Covid-19, sebut penelitian lainnya.

Lalu mengapa di Indonesia, yang merupakan negara tropis dengan suhu rata-rata berkisar antara 27-30°celcius dan kelembapan udara berkisar antara 70-95%, di mana kondisi tersebut tidak ideal untuk penyebaran virus, masih juga terkena Covid-19?

BMKG menduga mobilitas manusia dan interaksi sosial berpengaruh besar dalam penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sementara, suhu hanya faktor pendukung mengurangi risiko penyebaran bukan secara langsung menangkal virus itu karena hingga saat ini belum ditemukan obat penawar Covid-19 sejak virus itu pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok.

Nah, kondisi cuaca di Indonesia yang menguntungkan ini harus dibarengi dengan upaya-upaya pencegahan di antaranya pembatasan sosial, menjaga jarak aman atau berdiam di rumah seperti yang disarankan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kondisi ini juga dapat kita manfaatkan dengan beraktivitas, berjemur atau berolahraga di bawah sinar matahari demi menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh karena dengan memperkuat sistem imun, tubuh kita mampu melawan virus dan bakteri pembawa penyakit.

Jadi yang mau tetap berolahraga di luar rumah wajib menerapkan ketat aturan-aturan di atas. Jangan menyentuh apapun, jangan dekati orang, tetap steril. Selesai berolahraga langsung bersihkan diri. Semoga kita dijauhkan dari segala macam penyakit.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.