Selamat Datang PODIUM.ID

Selamat Datang PODIUM.ID

Hari ini, Selasa 14 April 2020, menjadi hari yang paling istimewa. Disebut istimewa karena umur saya kini memasuki 38 tahun, angka yang sebentar lagi tergolong kategori master. Dan bertepatan dengan hari ulang tahun, saya ingin mempersembahkan kado khusus buat diri sendiri: sebuah blog pribadi bernama PODIUM.ID.

Membuat blog bertemakan olahraga lari sebenarnya sudah direncanakan lama tapi tertunda terus karena padatnya pekerjaan ditambah lagi pertimbangan pemilihan platform gratisan atau berbayar yang menyebabkan peluncuran proyek ‘sports literacy’ ini meleset dari target pada awal 2019.

Hingga pada akhirnya setelah menimbang untung dan ruginya, saya memutuskan tidak lagi memakai platform gratisan seperti jaman kuliah 2003 silam di mana pada masa itu perkembangan blog di Indonesia sedang tumbuh pesat dibarengi lahirnya wordpress, platform blog paling populer di planet bumi hingga hari ini.

Ada beberapa opsi nama domain dari hasil pencarian dalam literatur olahraga tapi ada satu yang paling mencuri perhatian: PODIUM.ID. Namanya identik dengan olahraga, sporty banget. Tapi sialnya, nama itu sudah dicaplok pihak lain dan terpaksa harus menunggu sampai masa kontraknya berakhir.

Sedangkan akhiran .ID-kode negara internet untuk Indonesia-dipilih sebagai wujud rasa nasionalisme kepada tanah air sekaligus menegaskan bahwa blog ini menargetkan pembaca dalam negeri.

Setelah tiga tahun menunggu, penantian memiliki domain PODIUM.ID terwujud dengan terlebih dulu menyelesaikan administrasi dan biaya sewa. Waktu itu alasan yang mendorong saya mau mengeluarkan biaya sewa domain + hosting cuma satu: independen.

Bersyukur akhirnya domain PODIUM.ID dapat dimiliki. Tadinya sempat putus asa melihat aktivitas website terdahulu berkembang signifikan pada medio 2011-2016. Tapi ketika tahu website itu mati suri pada 2017 karena sebab yang tak dijelaskan, saya senang sekali dan buru-buru mengontak rekan di perusahaan jasa penyediaan hosting untuk segera mengurus persyaratan agar tidak diserobot orang lain.

Adapun pemilihan nama PODIUM karena terinspirasi oleh salah satu kolom di harian Media Indonesia, mantan perusahaan sebelum saya menikah dan kini memiliki dua anak. Diksi PODIUM juga erat sekali kaitannya dengan dunia olahraga, yaitu sebuah pencapaian prestasi paling tinggi sejagad yang menjadi incaran atlet-atlet dunia termasuk pelari-pelari rekreasional di tanah air yang begitu familiar dengan kata PODIUM.

Walau telah berhasil mengakuisisi domain PODIUM.ID, itu tak langsung membuat semangat ngeblog berapi-api. Mandeg dulu setahun gara-gara kesulitan harus dari mana memulainya. Akibatnya sepanjang 2019 halaman blog dibiarkan kosong, tak ada satu huruf pun di sana sampai biaya kontraknya kembali diperpanjang.

Niat belum bulat, modal cuma nekat. Ya berat memang. Ibarat lari maraton (42,195 kilometer), bukan kemampuan membayar lomba saja yang diutamakan tetapi komitmen dan semangat juang juga dibutuhkan untuk membekali diri berlari hingga berhasil melewati garis finis dengan tanpa cidera, dengan bahagia tentunya.

Begitu juga ngeblog. Memiliki domain sesuai selera bukan segala-galanya. Yang utama ialah bagaimana kita merawat ruh menulis dengan terus mengasah kepekaan dan intuisi. Memotret beragam peristiwa olahraga dan melaporkannya ke dalam tulisan-tulisan yang bernas, inspiratif dan memikat.

Akhir kata, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, hari ini, Selasa 14 April 2020, saya meresmikan peluncuran blog PODIUM.ID dengan slogan Run Like A Champion Today, berlarilah seperti sang juara hari ini.

Semoga PODIUM.ID dapat menambah khasanah bacaan teman-teman pecinta olahraga lari di tanah air. Mari sambut kehadirannya dengan sukacita dan mari ikut berbagi cerita lari di sini, untuk kita, untuk Indonesia Raya.

Salam Olahraga,

RUNNER KID

2 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.